Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah Cipining melalui media benda konkret

Main Author: Sri Isnawaty
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah Cipining, 2) Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah dengan menggunakan Media Benda konkret. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk menggambarkan hasil belajar matematika siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah dengan menggunakan media benda konkret, 2) untuk menggambarkan aktivitas belajar matematika siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran dalam siklus I dengan standar nilai terendah 70, siswa yang memperoleh nilai > 70 sebanyak 23 siswa atau kurang lebih 53,49 % sedangkan hasil evaluasi pada siklus II dengan standar nilai yang sama, 33 siswa memperoleh nilai > 70 atau 76,74 %. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hasil evaluasi pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil evaluasi pada siklus I. Kemudian jika dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I yaitu 79,77 % sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan aktivitas menjadi 88,22 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat bantu berupa benda-benda kongkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa