Penggunaan media visual diam untuk meningkatkan hasil belajar siswa MI Mathla'ul Anwar pada konsep lingkungan: Penelitian Tindakan Kelas
Main Author: | Ma'mur |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil belajar pada konsep lingkungan dengan menggunakan Media Visual Diam Kelas IV MI Matlahul Anwar Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas atau dikenal dengan istilah Classroom Action Research (CAR) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di madrasah Ibtidaiyah Matlahul Anwar Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor yang berjumlah 24 siswa pada semester dua tahun ajaran 2011/201. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua yang masing-masing terdiri dari empat tahapan sebagai mana di sebutkan diatas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes objektif berupa Pilihan Ganda (PG) lembar observasi rangkaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru, lembar observasi aktifitas siswa terhadap pembelajaran, lembar observasi guru dan angket siswa mengenai penerapan Media Visual Diam pada pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,7 sedangkan pada siklus II sebesar 76,25 Rata-rata presentasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 62,5% sedangkan pada siklus II adalah 83% dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar dan hasil siswa dan presentase aktifitas siswa