Peningkatan kemampuan menyimak fabel (cerita binatang) dengan menggunakan media animasi audio visual pada siswa kelas III MI Bojongduren

Main Author: Sri Hartini
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar di sekolah atau di lembaga formal sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar. Lingkungan tersebut antara lain meliputi: siswa, guru, karyawan sekolah, bahan atau materi pelajaran atau buku paket, media, sumber belajar lain yang mendukung dan fasilitas belajar. Media audio visual adalah media intruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi), meliputi media yang dapat dilihat, didengar dan yang dapat dilihat dan didengar. Penekanan utama dalam pengajaran melalui audio visual adalah pada nilai belajar yang diperoleh melalui pengalaman konkret, tidak hanya didasarkan atas kata-kata belaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media audio visual mampu meningkatkan siswa dalam menyimak fabel serta penerapannya pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Bojongduren. Penelitian ini dilakukan di MI Bojongduren, Parungseah, Sukabumi.Penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan tiga cara, yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Sumber penelitiannya, yaitu siswa kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual pada materi pelajaran menyimak fabel pada siswa kelas III MI Bojongduren menjadi lebih baik. Sedangkan bukti secara kualitatif adalah dapat dijelaskan dan banyaknya siswa yang menyatakan senang terhadap penggunaan media audio visual ini, tumbuhnya motivasi, konsentrasi siswa pada mata pelajaran, suasana kelas menjadi hidup, dan kemampuan menulis siswa meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil kemampuan menyimak siswa dalam menyimak fabel