Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada konsep perubahan kenampakan permukaan bumi: Kuasi eksperimen di MI Jamiatul Gulami Cipondoh Kota Tangerang

Main Author: Fauziyati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa pada konsep perubahan kenampakan permukaan bumi. Penelitian ini dilakukan di MI. Jamiatul Gulami tahun pelajaran 2011-2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini yaitu 60 siswa sebagai subjek penelitian. 30 siswa Kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan 30 siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda dengan empat pilihan yang digunakan untuk mengukur hasil belajar IPA siswa pada konsep perubahan kenampakan permukaan bumi. Dalam penelitian ini, diperoleh skor pretes untuk kelas eksperimen adalah 37,33 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 35,33. Sedangkan hasil posttes untuk kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata 76,5 dan skor ratarata kelas kontrol adalah 62,33. Berdasarkan perhitungan uji-t dengan taraf kepercayaan 95% (? = 0,05) diperoleh harga ttabel = 2,01 thitung = 0,63 dari hasil pengujian diperoleh thitung < ttabel, dengan demikian Ho diterima H1 ditolak pada taraf kepercayaan 95%. Untuk hasil uji kesamaan dua rata-rata posttes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh harga thitung sebesar 4,78 dan ttabel sebesar 2,01. Hasil pengujian diperoleh menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima pada taraf kepercayaan 95%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor posttest kelas eksperimen dengan rata-rata skor posstest kelas kontrol, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa