Penerapan model pembelajaran contextual teaching and larning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifatnya: Penelitian tindakan kelas V di MI Cimenteng Kabupaten Sukabumi

Main Author: Heri Heriadi
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifatnya dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Cimenteng Kabupaten Sukabumi tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah 36 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Instrumen data ialah postes, lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh, skor persentase rata-rata tiap indikator hasil belajar siswa di setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil pos tes siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 52,56, lalu pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,52. Masih berlanjut ke siklus III, hasil belajar siswa terus meningkat hingga 78,40. Pada siklus ketiga ini penelitian dihentikan karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu peningkatan rata-rata persentase tiap indikator hasil belajar siswa mencapai lebih dari 70%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL dalam proses pembelajaran pada materi cahaya dan sifatnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Cimenteng Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi.