Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit: Peneltian tindakan kelas di MI Nurul Jihad Kelas IV, Neglasari-Tangerang

Main Author: Nurhasanah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Jihad Neglasari Tangerang kelas IV yang berjumlah 22 siswa pada semester genap tahun ajaran 2011-2012. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes objektif pilihan ganda, lembar observasi rangkaian pembelajaran yang dilakukan guru. Teknis analisis data secara kuantitatif hasil perhitungan rata-rata skor tes hasil belajar siswa dan aktivitas guru pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan N-Gain, pencapaian hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata N-gain. Rata-rata N-Gain siklus I memperoleh nilai 68,2% dan Siklus II memperoleh nilai 86,36% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kooperatif tipe jigsaw terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada konsep Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit. Pencapaian hasil belajar tersebut didukung pula oleh rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,8 sedangkan pada siklus II sebesar 76,8 dan ratarata presentase aktivitas guru pada siklus I adalah 69,99% sedangkan pada siklus II adalah 80,65%, hal ini menunjukan aktivitas guru meningkat. Dengan demikian upaya meningkatkan hasil belajar kelas IV dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep perubahan kenampakan bumi dan benda langit