Peningkatan prestasi belajar siswa kelas V dalam pelajaran IPS dengan menggunakan media pembelajaran VCD di MI Haudiyah Al-Wathoniyah 43 Jakarta Timur
Main Author: | Hamdani |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah penggunaan Media pembelajaran VCDdapat meningkatkanprestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial? (b) Bagaimana penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan diterapkannya Media pembelajaran VCD? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap dampak Media pembelajaran VCD terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. (b) Ingin mengetahui pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya Media pembelajaran VCD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V. Data yang diperoleh berupa hasil tes, wawancara dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (63%), siklus II (100%). Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran VCD dapat berdampak positif terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI. Haudhiyah Al- Wathoniyah 43 Jakarta Timur