Peningkatan hasil belajar IPS dengan penerapan media audio visual pada siswa kelas iv di MIN 15 Bintaro

Main Author: Della Triwidiastuti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan media audio visual pada siswa kelas IV di MIN 15 Bintaro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 15 Bintaro tahun ajaran 2013-2014. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C MIN 15 Bintaro yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest), lembar wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 65,74 dan pada siklus II yaitu 85,94. Seluruh siswa telah mencapai KKM 65 atau dapat dikatakan keberhasilan mencapai 100%. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di MIN 15 Bintaro