Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SDN I Sajira pada mata pelajaran IPA konsep ekosistem

Main Author: Sukroni
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis antara siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran problem based learning dengan metode konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Sajira, Lebak ? Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain control group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 22 siswa untuk kelas eksperimen dan 22 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berbentuk uraian terbuka yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN I Sajira pada mata pelajaran IPA konsep ekosistem. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut diperoleh nilai t hitung sebesar 2,463 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 42 yaitu sebesar 2,021, maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa