Peningkatan hasil belajar pokok bahasan mengurutkan dan membandingkan bilangan sampai 500 melalui pembelajaran matematika realistik (PMR) di Kelas II MI Darul Hidayah Cipondoh Tangerang
Main Author: | Nahum Asepy |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar matematika pada mengurutkan dan membandingkan siswa disuatu kelas yang beragam kemampuannya, untuk meningkatkan hasil belajar matematika guna mengasah kemampuan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Darul Hidayah Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang pada tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini dalam tes da non tes. Instrumen tes berupa tes isian yang digunakan untuk mengukur hasil dan ketuntasan belajar, sedangkan instrumen non tes berupa lembar observasi dan wawancara, yang digunakan untuk melihat aktivitas siswa dan penelitian dalam proses pembelajaran . Hasil penelitian memperlihatkan suatu peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Data tentang hasil belajar siswa tentang mengurutkan dan membandingkan bilangan sampai 500 meningkat, jika pada pra siklus sebesar 61,14% pada siklus I menjadi 70% dan siklus II sebesar 80,57%. Dengan ketuntasan mencapai 100%, maka kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengurutkan dan membandingkan