Pengaruh pembelajaran inkuiri terstruktur (structured inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada konsep benda dan sifatnya

Main Author: Ana Mutiah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terstruktur (structured inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada konsep benda dan sifatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ciputat. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa dan kelas kontrol yang juga berjumlah 40 siswa. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajarkan dengan pembelajaran inkuiri terstruktur (structured inquiry), sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diajarkan secara konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Berdasarkan analisis data dengan uji-t yang dilakukan pada taraf kepercayaan 5% menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan pembelajaran inkuiri terstruktur diperoleh thitung 4,28 dan ttabel sebesar 1,67. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran inkuiri terstruktur (structured inquiry) terhadap hasil belajar siswa.