Meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV MI Raudhatul Jannah Jakarta

Main Author: Nurlatifah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di MI Raudhatul Jannah Jakarta pada siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2012-2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dengan 2 siklus, jumlah sampel sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, lembar observasi guru dan siswa, dan angket respon siswa. Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes kemampuan siswa dalam melakukan diskusi kelompok melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian direfleksikan untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan kelulusan siswa hanya mencapai 47,62% kemudian meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I sebesar 60,48, dan nilai rata-rata siklus II sebesar 77,62. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD di MI Raudhatul Jannah Jakarta dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai baik