Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode sosiodrama pada mata pelajaran Pkn siswa kelas V MI Al-Ittihadiyah Kedoya Jakarta Barat
Main Author: | Niharoh |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Sosiodrama pada mata pelajaran PKn kelas V MI Al-Ittihadiyah Kedoya Jakarta Barat tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau dikenal dengan istilah Classroom Action Research (CAR) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittihadiyah Kedoya Jakarta Barat yang berjumlah 20 Siswa pada Semester II tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua Siklus, Siklus pertama dan Siklus kedua yang masing-masing terdiri dari empat tahapan sebagaimana disebutkan di atas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes obyektif berupa pilihan ganda, essay, lembar observasi rangkaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru, lembar obsevasi aktivitas siswa terhadap pembelajan siswa mengenai penerapan metode Sosiodrama pada mata pelajaran PKn. Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat rata-rata tes hasil belajar siswa pada Siklus I sebesar 56,66% sedangkan pada Siklus II sebesar 76,33%. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada Siklus I adalah 68,33% sedangkan pada Siklus II adalah 90%. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa persentase aktivitas serta daya ingat siswa lebih lama. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan mengenai penggunaan Metode Sosiodrama, terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Siswa Kelas V Semester II MI Al- Ittihadiyyah Kedoya Jakarta Barat tahun ajaran 2012/2013.