Peningkatkan kemampuan menulis puisi melalui permainan bahasa pada mata Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V MI Nurul Ikhlas Penjaringan Jakarta Utara

Main Author: Hernah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi melalui permainan bahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V MI Nurul Ikhlas Penjaringan Jakarta Utara tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus penelitian melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Ikhlas Penjaringan Jakarta Utara dengan jumlah 26 orang. Temuan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi siswa, pada siklus I hasil belajar mencapai 76,4% dan mengalami peningkatan pada siklus II meningkat menjadi 91,2%. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa hasil belajar puisi dengan menggunakan permainan bahasa dapat meningkat. Selain itu, penerapan permainan bahasa juga dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa di dalam pembelajaran