Kemampuan menulis puisi melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V di SDN Pondok Cabe Ilir I Pamulang Tahun Ajaran 2012/2013 (penelitian deskriptif kualitatif di SDN Pondok Cabe Ilir I Pamulang)

Main Author: Dewi Anjani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis puisi melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V Pamulang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode dimana peneliti mengumpulkan data penelitian dan literatur-literatur lainnya dan kemudian menguraikannya secara rinci untuk mengetahui permasalahanpermasalahan penelitian dan mencari penyelesaiannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes menulis puisi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kkm pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk materi menulis puisi sudah sangat baik, ditunjukkan bahwa siswa mencapai nilai kkm 61. Serta pengaruh aktivitas belajar siswa dengan aspek sangat baik