Pengaruh media permainan monopoli fisika terhadap hasil belajar siswa pada konsep getaran dan gelombang(kuasi eksperimen di MTs Negeri Cijeungjing Kab.Ciamis)

Main Author: Ema Rahmawati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan monopoli fisika terhadap hasil belajar siswa pada konsep getaran dan gelombang. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Cijeungjing Ciamis pada bulan Mei 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif bentuk pilihan ganda. Tes ini terdiri dari empat pilihan (opsi) dan hasilnya diuji melalui statistik uji ?t?. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 4,27 sedangkan ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi 0,05 atau dapat diketahui thitumg > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau terdapat pengaruh media permainan Monopoli Fisika terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukan bahwa media permainan Monopoli Fisika membawa pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada konsep Getaran dan Gelombang