Pengaruh metode eksperimen pada konsep suhu dan kalor terhadap hasil belajar Fisika (penelitian quasi eksperimen di SMAN 4 Madiun Jawa Timur)
Main Author: | Ayudia Krisnaningrum |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen pada konsep suhu dan kalor terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Madiun Jawa Timur sejak bulan Februari sampai bulan Maret 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan pretest dan posttest kontrol grup desain. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas X, sebanyak 30 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampel pada siswa kelas X. Pengumpulan data dilakukan setelah diberi perlakuan yang diperoleh dari tes dan observasi pada konsep suhu dan kalor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 28 butir soal dengan koefisien reliabilitas 0,35. Pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan bahwa data terdistribusi secara normal. Uji Homogenitas dengan menggunakan uji Fisher menunjukkan bahwa sampel bersifat homogen. Kemudian uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan ? = 5% diperoleh nilai thitung pretest = -2,3 dan untuk thitung posttest = 2,24. Nilai ttabel untuk dk = 58 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,67. Sedangkan kriteria pengujiannya adalah Ho ditolak jika nilai thitung lebih besar dari ttabel untuk harga positif atau Ho ditolak jika nilai thitung lebih kecil dari ttabel untuk harga negatif. Karena hasil data diatas menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel untuk harga positif dan nilai thitung lebih kecil dari ttabel untuk harga negatif, maka dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa