Pengaruh penggunaan media animasi dengan analogi terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem peredaran darah: kuasi eksperimen di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang

Main Author: Khoirunnisa
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi dengan analogi terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik random sampling. Sampel penelitian pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 32 siswa. Kelas eksperimen menggunakan media animasi dengan analogi, sedangkan kelas kontrol menggunakan media animasi tanpa analogi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan (option). Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung sebesar 2,32 dan ttabel pada taraf signifikan ? = 0,05 sebesar 2,04, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi dengan analogi terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem peredaran darah.