Pengaruh model learning cycle 5e terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi (kuasi eksperimen di MAN 11 Jakarta)

Main Author: Ika Eliza Cholistyana
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi. Penelitian ini dilakukan di MAN 11 Jakarta tahun pelajaran 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan LKS berbasis Learning Cycle 5E dengan model Learning Cycle 5E dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan LKS yang biasa digunakan di MAN 11 Jakarta dengan model direct instruction. Perolehan nilai rata-rata postest kelas eksperimen 79,36 dan kelas kontrol 67,00. Analisis data proses kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh hasil t-hitung 6,645 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,994, maka t-hitung > t-tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi.