Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep zat aditif dalam makanan (penelitian kuasi eksperimen pada kelas VIII MTsN Tangerang II Pamulang)
Main Author: | Siti Hajar |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep zat aditif dalam makanan. Penelitian dilakukan di MTsN Tangerang II Pamulang, pada bulan Januari- Februari Tahun Ajaran 2012-2013. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel melalui dua tahap, yang pertama menggunakan teknik purposive sampling. Dari 10 kelas VIII terdapat 3 tiga kelas Bina Prestasi (muridmurid pilihan) dan 7 kelas reguler, peneliti hanya mengambil sampel dari 7 kelas reguler. Dari 7 kelas tersebut, diambil 2 kelas secara acak untuk dijadikan sampel penelitian, teknik pengambilan sampel yang kedua ini simple random sampling. Penelitian ini melibatkan 37 siswa pada kelas eksperimen dan 36 siswa pada kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa pilihan ganda dan observasi. Berdasarkan pengujian sampel menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel (2,9512 > 1,98) pada taraf signifikan a=0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep zat aditif dalam makanan