Pengaruh LKS berbasis inkuiri terstruktur terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep fotosintesis (kuasi eksperimen di MTs Negeri 3 Jakarta)
Main Author: | Affan Septiadi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS berbasis inkuiri terstruktur terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep fotosintesis. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 3 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak (random). Sampel penelitian berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri dan 34 siswa untuk kelas kontrol dengan menggunakan LKS non inkuiri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berupa uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 4,32 dan ttabel 2,00 pada taraf signifikan ? = 0,05 sebesar 2,00, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh LKS berbasis inkuiri terstruktur terhadap keterampilan proses sains siswa