Perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional pada konsep protista: Quasi eksperimen di MA Nihayatul Amal Rawamerta, Karawang
Main Author: | Siti Farihah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang diaja rmelalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional pada konsep protista. Penelitian ini dilakukan di MA Nihayatul Amal Rawamerta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain kontrol group pre-test-post-test. Sampel penelitian berjumlah 49 orang untuk kelas eksperimen dan 46 orang untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes pilihan ganda sebanyak 30 soal tentang konsep protista dan diuji dengan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil perhitungan N-gain diperoleh nilai thitung= 3,75dan dikonsultasikan dengan ttabel=1,99, karena thitung=3,75 > ttabel=1,99. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional pada konsep protista