Improving students' reading comprehension of narrative text vy using SQ3R technique: A Classroom Action Research in the Second Grade of Bina Prestasi II Class at MTsN Tangerang II Pamulang

Main Author: Dewi Ika Sari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan unnrk rnengetahui dapatkah siswa di kelas delapan MTsN Tangerang II pamulang memahami bacaan teks naratif dengan menggunakan teknik SQ3R. Disamping itu, penelitian ini juga ditujukan untuk mendeslripsikan bagaimana pelaksanaan teknik SQ3R dalarn membangun pemahamanm embacas iswa terhadapt eks naratif. Penelitian ini dikategorikan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK); untuk mengidentifikasi dan mengatasip ermasalahante rhadap pemahamans iswa dalam membaca teks naratif Penelitian ini diawali dengan wawancara kepada guru dan observasi di kelas delapan Bina Prestasi II di MTsN Tangerang II Pamulang; yang dianggap sebagai kelas yang memilki nilai reading terendah. Jumlah siswa dalam penelitian ini yakni 30. Adapun model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan menganut pada Kurt Lewin model; yang mana terdiri dari empat tahapan( perencanaanp, elaksanaanp, engamatan,d an refleksi). Sementara, data yang diperoleh berasal dari test (pretest dan posttest), wawancara terhadap grru, dan observasi di kelas. Hasil yang diperolehd ari penelitiani rri adalah:( 1) berdasarkanh asil pretest, rata*ati skor siswa adalah 50,5 yang mana 7o/o dari jumlah siswa di kelas atau 3 siswa lulus KKM, di hasil post-test I terdapat 34%o atau l0 siswa lulus KKM dengan rata-ratakelas 64,5, terakhir di post-test 2 didapat rata-ratakelas 73 dengan7 6,67yoa tau23s iswal ulus KKM. (2) berdasarkanlr asil observasdi i kelas didapati bahwa siswa-siswa lebih aktif dan tertarik dalarn mempelajari aktivitas membaca di kelas. Terlebih mereka dapat menganalisa schematic structure sebuatr cerita dengan menggunakan teknik SQ3R. (3) berdasarkan hasil wawancara dengan guru, dapat diketahui bahwa pemahaman membaca siswa akan teks naratif telah berkembang dan juga membantu guru dalam menemukan strategi yang cocok dalam mengajarkan teks naratif.