Improving students' reading comprehension of descriptive text through group work (a classroom action research in the first year of SMP Paramarta)

Main Author: Yuni Fitria
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dirancang sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan terhadap pemahaman siswa dalam membaca teks deskriptif. Penelitian ini diawali dengan observasi di kelas tujuh SMP PARAMARTA, yang dianggap sebagai kelas yang memiliki nilai reading terendah. Jumlah siswa dalam penelitian ini yakni 20 siswa. Adapun model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan menganut pada Kurt Lewin model, yang mana terdiri dari empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Sementara, data yang diperoleh berasal dari tes (tes sebelum siklus, tes siklus ke 1 dan 2), dan observasi. Sehingga, penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh bahwa nilai siswa pada hasil tes sebelum siklus yaitu 60.5, dengan presentasi kelas yang melampaui KKM yaitu 20% atau 4 siswa yang melampaui KKM dan 16 siswa yang belum melampaui KKM. Kemudian, pada hasil tes di siklus 1 terdapat peningkatan siswa yang melampaui KKM yaitu 12.80% yaitu dengan perolehan hasil yang dicapai 68.25 dengan persentasi kelas 30. Pada siklus pertama terdapat 6 siswa yang melampaui KKM dan 14 siswa yang belum melampaui KKM. Selanjutnya, hasil pada tes di siklus ke 2 yaitu 88.75 atau 46.69% hasil peningkatan siswa yang melampaui KKM, dengan persentasi kelas 90%. Berdasarkan hasil observasi, dapat diketahui bahwa kondisi siswa selama proses belajar mengajar melalui group work lebih baik dari sebelumnya. Mereka lebih memusatkan perhatian mereka kepada penjelasan guru, dan mereka lebih memahami struktur dari deskriptif teks. Terlebih mereka dapat lebih aktif pada saat proses pembelajaran membaca dengan menggunakan teknik group work. Dan juga siswa dapat meningkatkan pemahaman membaca mereka dalam materi membaca deskriptif teks dan mengidentifikasi karakteristik dari teks deskriptif