An Error Analysis on Students' Descriptive Writing: A Qualitative Descriptive Study in the Second Grade Students of SMP Negeri 13 Tangerang Selatan

Main Author: Syifa Fauziah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa kelas dua SMP Negeri 13 Tangerang Selatan dalam menulis deskriptif. Klasifikasi kesalahan yang digunakan adalah klasifikasi Betty Azar, penyebab kesalahan berdasarkan teori James, dan prosedur analisa kesalahan berdasarkan prosedur Ellis. Sumber data dalam penelitian ini adalah 32 siswa SMP yang diambil dengan sampel purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk menggambarkan kesalahan siswa serta menganalisa data dengan menggunakan rumus: P = F/N x 100%, P=Persentase, F=Banyaknya kesalahan yang dibuat, N=Jumlah keseluruhan kesalahan siswa. Data diambil dari tes; tesnya merupakan tes tertulis. Temuan menunjukkan bahwa ada 338 kesalahan dari 15 siswa. Kemudian, hanya ada 8 tipe error dari 14 error yang muncul dalam tulisan siswa. Tipe-tipe itu adalah word choice dengan 74 kesalahan atau 21.89%, add a word dengan 72 kesalahan atau 21.30%, singular-plural dengan 65 kesalahan atau 19.23%, punctuation dengan 47 kesalahan atau 13.91%, capitalization dengan 46 atau 13.61%, omit a word dengan 23 kesalahan atau 6.90%, run-on sentence dengan 6 atau 1.78% dan spelling dengan 5 kesalahan atau 1.48%. Frekuensi kesalahan paling tinggi jatuh pada word choice dengan 74 kesalahan atau 21.89%, dan penyebab kesalahan yang muncul adalah intralingual errors dengan 185 kesalahan atau 54.73%, induced errors dengan 98 kesalahan atau 29.00% dan interlingual errors dengan 55 kesalahan atau 16.27%.