An analysis on students' errors in using degrees of comparison: A case study in the eighth year of MTs Khazanah Kebajikan
Main Author: | Dewi Purwanti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengelompokkan kesalahankesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menggunakan degrees of comparison of adjective. Kesalahan-kesalahan tersebut dikelompokkan berdasarkan Surface Structure Taxonomy. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dari setiap jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik tersebut serta untuk mengetahui penyebab (source) terjadinya kesalahankesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan pola umum atau rancangan (design) penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus (case study). Penelitian ini dilakukan dengan mengikuti prosedur � prosedur error analysis yaitu dimulai dengan pemilihan sampel, pengidentifikasian, penjabaran, penjelasan dan penilaian terhadap kesalahankesalahan. Selanjutnya, penulis memilih guru bahasa Inggris dan kelas 8B yang terdiri dari 34 siswa sebagai subjek dalam penelitian ini. Data dalam penelitiaan ini diperoleh dengan cara melakukan observasi, memberikan test dan melakukan wawancara baik dengan guru bahasa Inggris maupun dengan peserta didik. Dari proses error analysis diperoleh hasil bahwa peserta didik melakukan empat jenis kesalahan yaitu ommision, addition, misformation/misselection dan misorder. Dilihat dari persentase setiap jenis kesalahan misformation/misselection merupakan jenis kesalahan yang paling sering dilakukan dengan persentase sebesar 55. 39%. Selanjutnya, kesalahan addition sebesar 21. 57%, ommision sebesar 20. 59% sedangkan jenis kesalahan misorder hanya sebesar 2. 45% saja dari total kesalahan yang dilakukan peserta didik. Kesalahan-kesalahan tersebut terjadi karena peserta didik mengeneralisasikan aturan (rule) degrees of comparison of adjective dan menerapkan rule tersebut dengan tidak sempurna. Disamping itu, kesalahan-kesalahan tersebut terjadi dikarenakan kesalahan peserta didik dalam memahami konsep dari materi yang diajarkan (false concept hypothesis). Hal ini menunjukkan bahwa degrees of comparison of adjective masih sulit untuk dipahami siswa.