The efectiveness of teaching reading comprehension through small group discussion

Main Author: SETIADI, Mohamad Arief
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu seberapa efektif penggunaan diskusi grup kecil pada pengajaran pemahaman membaca di kelas 8 SMP Negeri 18 Tangerang. Pada penelitian ini, penulis menggunakan diskusi grup kecil sebagai metode yg digunakan pada pengajaran pemahaman membaca. Dan untuk evaluasi kemampuan siswa, penulis menggunakan pre-test dan post test. Penghitungan data menggunakan rumus T-test. Penemuan pada saat penelitian berlangsung menunjukkan bahwa pengajaran pemahaman membaca dengan menggunakan diskusi grup kecil lebih efektif dibandingkan dengan metode pebandingannya. Hal itu bisa dilihat dari hasil pengitungan statistiknya, yang telah selesai dikalkulasi. Telah ditemukan bahwa besaran t.observasi (hasil eksperimen) = 3,40. Angka ini lebih besar dibandingkan t.tabel (hasil awal/sebelum eksperimen) pada variable bebas 5 % = 2,01. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyimpulkan bahwa, siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan pemahaman reading dengan menggunakan diskusi grup kecil mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol, yang belajar dengan metode menjelaskan. Penggunaan diskusi grup kecil pada pengajaran pemahaman membaca telah membantu dan mempermudah siswa untuk bisa memahami teks. Dengan kata lain, metode tersebut memberikan efek positif pada siswa kelas 8 SMP Negeri 18 Tangerang.