The effect of subtitution drills in teaching passive voice of present tence

Main Author: LUTFIYAH
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Daftar Isi:
  • Grammar adalah salah satu dari sub-skill yang hendaknya di kuasai oleh siswa. Grammar mempunyai peran penting dalam mempelajari 4 skill berbahasa Inggris. Dan karena sebagai salah satu bagian dalam grammar, passive voice hendaknya dikuasai juga oleh para siswa karena itu dapat membantu mereka untuk membedakan antara kalimat pasif dan kalimat aktif. Dalam skripsi ini penulis membatasi materinya yaitu hanya untuk passive voice of present tense. Masalah yang muncul adalah tentang bagaimana cara mengajar passsive voice of present tense. Pada hakekatnya guru masih menggunakan metode tradisional sehingga siswa merasakan kebosanan di dalam kelas dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Dan itu berakibat pada nilai siswa yang mana sebagian besar dari mereka mendapatkan nilai yang jauh di bawah standar KKM. Maka dari itu, di dalam skripsi ini penulis mencoba untuk menerapkan teknik substitution drills dalam mempelajari passive voice of present tense. Teknik ini diharapkan bisa memecahkan masalah yang ada di kelas. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan teknik substitution drills bisa memberikan motivasi kepada siswa dalam mempelajari passive voice of present tense secara efektif dan juga untuk mebuktikan bahwa teknik ini bisa meningkatkan nilai siswa dalam mempelajari materi passive voice of present tense. Lebih lanjutnya, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan model dari Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang mana disetiap siklus mempunya 4 tahap: rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Dan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa XI TKJ 4 SMK YUPPENTEK 1, Tangerang. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, pengguanaan teknik substitution drills dalam mempelajari passive voice of present tense telah memecahkan masalah siswa. Teknik ini juga telah meningkatkan motivasi dan hasil nilai siswa dibanding sebelumnya. Itu semua dapat dibuktikan melalui hasil wawancara, angket, observasi dan hasil nilai siswa. Untuk hasil dari posttes 2 terdapat 26 siswa dari 30 siswa atau dengan kata lain persentesenya mencapai 86,67% yang telah melewati standar KKM. Hal ini menunujukkan adanya peningkatan sebanyak 63,34% dari hasil pretest yang mana hanya mendapatakan persentase sebanyak 23,33% atau hanya ada 7 siswa dari 30 siswa yang nilainya melewati standar KKM dan ini juga mengalami peningkatan 32,21% dari hasil posttest 1 yang mencapai peningkatan sebanyak 63,33% atau terdapat 19 siswa dari 30 siswa yang nilainya melewati standar KKM. Sebagai tambahan, respon siswa untuk teknik ini pada umumnya adalah positif. Akhirnya, teknik substitution drills ini dapat dikatakan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam passive voice of present tense dikelas 2 TKJ 4 SMK YUPPENTEK 1, Tangerang.