Campur kode dan alih kode dalam proses belajar mengajar di MTs. Nurul Ummah Ciampea Bogor
Main Author: | Emy Oktavia |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis melihat adanya campur kode dan alih kode yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Penulis juga ingin melihat manfaat atau fungsi penggunaan campur kode dan alih kode yang sering digunakan dalam proses belajar mengajar di MTs. Nurul Ummah Nagrog Cibuntu Ciampea, Bogor. Untuk memahami campur kode dan alih kode dalam proses belajar mengajar, penulis mendata dan mengkalsifikasikan terlebih dahulu campur kode dan alih kode dalam proses belajar mengajar di MTs. Nurul Ummah Nagrog Cibuntu Ciampea, Bogor. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bentuk dan fungsi penggunaan campur kode dan alih kode dalam proses belajar mengajar di MTs. Nurul Ummah Nagrog Cibuntu Ciampea bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan dan dokumentasi. Pelaksanaan pengumpulan data dengan menggunakan metode pengamatan dan dokumentasi (rekam) dilakukan pada saat proses belajar mengajar dimulai sampai proses belajar mengajar berakhir. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII MTs. Nurul Ummah Nagrog Cibuntu Ciampea Bogor, tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian diperoleh data dari segi bentuk dan fungsi campur kode dan alih kode. Dari hasil klasifikasi bentuk data campur kode penggunaan bahasa Sunda dalam proses belajar mengajar yang diperoleh yaitu bentuk yang sering muncul adalah dari segi bentuk kata dan kalimat, sedangkan hasil klasifikasi bentuk data alih kode penggunaan bahasa Sunda yang sering muncul adalah dari bentuk segi kalimat. Dari fungsi campur kode dan alih kode bahasa Sunda yang digunakan dalam proses belajar mengajar di MTs. Nurul Ummah Nagrog Cibuntu Ciampea, Bogor yaitu untuk mejalin keakraban, memberikan penjelasan, penegasan kepada peserta didik serta memahami dan mengetahui materi lebih dalam bagi peserta didik.