Pengaruh motivasi belajar Terhadap hasil belajar siswa pada bidang Studi Sejarah Keudayaan Islam (SKI) di MTS N 19 Jakarta
Main Author: | Mut?ah Mutmainah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dalam mempelajari SKI di MTs Negeri 19 Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitiannya adalah korelasional deskriftip. Metode korelasional deskriptif ini diharapkan dapat diperoleh gambaran sesungguhnya mengenai variabelvariabel penelitian sehingga dapat diketahui hubungan antara dua variabel tersebut. Adapaun jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 60 renponden yang diambil dari kelas VII masing-masing- 20 siswa. Berdasarkan Hasil penelitian dapat di tarik kesimpulan bahwa motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam. sMotivasi belajar siswa MTs N 19 Jakarta tinggi. Hasil belajar siswa MTs. N 19 Jakarta berjalan dengan cukup baik Hal ini Berdasarkan hasil perhitungan didapat nilai r Hitungnya sebesar 0,4231. Jika nilai r Hitung dibandingkan dengan nilai r Tabel yang didapat sebesar 0,354 pada taraf signifikan 5% dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai r Hitung > r Tabel, begitu juga dengan hasil uji t dimana t Hitung lebih besar dari t Tabel (4,00 >2,84) dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi SKI di MTs Negeri 19 Jakarta. signifikannya masuk pada kategori sedang yaitu pada kisaran atau skala antara 0,40- 0,69.