Korelasi kemampuan kognitif pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan sikap keberagamaan siswa (Pada siswa kelas VIII MTs AL-Mubarok Panunggangan Tangerang)

Main Author: Siti Rohmah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang sejauh mana Korelasi kemampuan Kognitif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan sikap keberagamaan Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Mubarok Panunggangan Tangerang pada bulan Oktober -Januari 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan motode Konvensional Dengan Prosedur Survey untuk melihat Pengaruh dan Fenomena yang berkembang pada setiap Variable Penelitian. pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik diantaranya teknik observasi, wawancara, dan angket. library research untuk kajian teoritis dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII MTs AL-Mubarok Panunggangan Tangerang yang berjumlah 135 siswa, Sampel diambil sebanyak 37% dari jumlah populasi yaitu 37 siswa secara random sampling, yaitu secara acak. Setelah penulis mengadakan analisis terhadap angket, wawancara dengan kepala sekolah,guru bidang studi Aqidah Akhlak, di MTs Al � Mubarok Panunggangan Tangerang serta melihat langsung kondisi di lapangan maka Korelasi Kemampuan Kognitif Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dengan Sikap Keberagamaan Siswa khususnya sudah cukup baik. Untuk Program dan peraturan yang dibuat dalam rangka mengapresiasi siswa untuk selalu mengasah kemampuan kognitifnya sehingga menjadi lebih baik. Hasil Analisis Korelasi antara Kemampuan Kognitif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak (variable X) dengan sikap keberagamaan siswa (variable Y) menunjukan bahwa nilai indeks koefisien korelasi (r xy ) = 0,61 setelah dikonsultasikan dengan table interprestasi �r� product moment, ternyata angka r = 0,61berada antara o,40 � 0,70 yang interpestasinya ialah antara variable X dengan variable Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Penelitian ini diharapkan dapat berguna khususnya bagi penulis dan juga sebagai masukan untuk guru bidang studi Aqidah Akhlak dalam rangka meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi Aqidah Akhlak sehingga dapat membimbing serta mengarahkan sikap dan perilaku keberagamaan siswa yang benar dan terarah dalam kehidupan sehari-hari