Pengaruh pengayaan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN I Bojonglongok Sukabumi
Main Author: | Euis Sumiati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Pengayaan Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN I Bojonglongok Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif atau hubungan. Pengambilan sampel yang dilakukan adalah purpose sampling / sampel dengan tujuan tertentu, sampel yang dipakai adalah siswa kelas IVA dengan total sampel berjumlah 30 siswa. Dengan menggunakan interpretasi koefisien determinasi diperoeh hasil koefisien determinasi sebesar 73.78%, hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengayaan berpengaruh sebesar 73.78%, terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Sedangkan analisis data proses penelitian ini menggunakan uji-t, untuk menguji kebenaran hipotesis yang digunakan, diperoleh hasil t hitung sebesar 0,859 dan tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0.254, dengan demikian t hitung > t tabel. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan Pengayaan Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam