Pengaruh pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap akhlak siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. Miftahul Huda Cipayung, Megamendung-Bogor
Main Author: | Fery Anwarudin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MTs. Miftahul Huda Cipayung, Megamendung-Bogor. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2013 di MTs. Miftahul Huda Cipayung, Megamendung-Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dalam bentuk pilihan ganda. Sedangkan teknik korelasi yang di gunakan adalah product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung sebesar 0,717 dan termasuk kedalam katagori yang kuat atau tinggi (nilai rhitung pada rentang 0,70 sampai 0,90) dengan nilai KD sebesar 49% dan rhitung pada taraf signifikasi 1% = 0,487 dan pada taraf signifikasi 5% = 0,381. Dengan demikian terdapat korelasi positif yang kuat atau tinggi dan signifikan antara penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MTs. Miftahul Huda Cipayung, Megamendung-Bogor, dan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) memberikan kontribusi yang besar terhadap akhlak siswa