Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan materi fiqih bagi siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah al-Wathaniyah 10 Cakung Jakarta Timur

Main Author: Makbullah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Metode demonstrasi merupakan salah satu pembelajaran yang bersifat keterampilan praktek. Dalam materi pelajaran Fiqih yang sebagiannya merupakan ibadah yang bersifat praktis menggunakan metode demonstrasi sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode demonstrasi telah dapat meningkatkan keterampilan siswa terhadap materi Fiqih. penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Wathaniyah 10 Cakung Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan teknik Product Moment. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa terdapat hubumgan yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi dengan peningkatan keterampilan terhadap materi Fiqih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung sebesar 0,888 dan termasuk kategori kuat atau tinggi, nilai r hitung (ro) pada rentang 0,70 � 0,90. Pada taraf signifikansi 5% memperoleh r tabel sebesar 0,355 dan pada taraf signifikansi 1% memperolaeh r tabel sebesar 0,456. dilihat dari kedua taraf tersebut, rhitung (ro) mempunyi nilai yang lebih besar (0,888 > 0,355 dan 0,888 > 0,456). Dengan demikian terdapat hubungan yang kuat atau tinggi antara penerapan metode demonstrasi dengan peningktan keterampilan terhadap materi Fiqih