Pengaruh mata pelajaran akidah akhlak terhadap moral keagamaan anak kelas VII MTsN. 19 Jakarta studi kasus di mtsn.19 jakarta
Main Author: | SUHAIMI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Moral Keagamaan Anak di MTsN. 19 Jakarta. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa akidah akhlak adalah mengandung arti pengajaran yang membicarakan tentang keyakinan dari suatu kepercayaan dan nilai dari suatu perbuatan baik atau buruk, yang dengannya diharapkan dapat tumbuh suatu keyakinan yang tidak dicampuri keragu-raguan serta perbuatannya dapat dikontrol oleh ajaran agama. Sedangkan moral adalah istilah yang digunakan untuk menentukan batas-batas suatu sifat, perangai, kehendak, pendapat atau perbuatan yang layak dikatakan benar, salah, baik, buruk Setelah melakukan penelitian, maka hasil yang diperoleh adalah sebesar 0.58 dengan db sebesar 28 diperoleh �r� Produc Moment pada taraf sifnifikan 5 % diperoleh �r tabel� (rt) =0,361 dan pada taraf signifilan 1 % diperoleh �r tabel�=0,463. Dengan membandingkan �rxy� dengan �r tabel� (rt). Seperti diketahui rxy diperoleh adalah 0,58 sedangkan rt masing-masing 0,361 dan 0,463. Dengan demikian ternyata rxy adalah lebih besar dari pada rt, baik pada taraf signifikan 5 % maupun pada taraf signifikan 1 %. Karena rxy lebih besar, maka Ha diterima, sedang Ho ditolak. Dengan demikian berarti terdapat korelasi yang sedang antara Variabel X (Pengaruh Mata Pelajaran Akidah Akhlak) terhadap Variabel Y (Moral Keagamaan Anak) yaitu sebesar 33.64%.