Analisis pengaruh kualitas layanan, citra merek, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya kepada loyalitas konsumen (studi kasus pada jasa transportasi taksi Blue Bird di Jakarta)
Main Author: | Ahmad Danial |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, citra merek, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya kepada loyalitas konsumen. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang pernah menggunakan jasa taksi Blue Bird di Jakarta. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas layanan, citra merek, dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebab mempunyai nilai signifikansi < 0,05 (0,000 untuk kualitas layanan, 0,001 untuk citra merek, dan 0,000 untuk nilai pelanggan) dan secara simultan kualitas layanan, citra merek, dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial kualitas layanan dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen sebab mempunyai nilai signifikansi < 0,05 (0,000 untuk kualitas layanan dan 0,000 untuk nilai pelanggan), sedangkan citra merek dan kepuasan konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen karena mempunyai nilai signifikansi > 0,05 (0,055 untuk citra merek dan 0,459 untuk kepuasan konsumen). Namun secara simultan, kualitas layanan, citra merek, nilai pelanggan, dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai 0,000 < 0,05.