Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan metode demonstrasi pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Haudiyah al-Wathoniyah 43 Tahun Pelajaran 2011-2012
Main Author: | Ismail |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran demonstrasi? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran demonstrasi. (b) Ingin mengetahui pengaruh hasil belajar siswa terhadap penggunaan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas Kelas V. Tahun Pelajaran 2011/2012. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (67%), siklus II (80%), siklus III (100%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Haudhiyah Al- Wathoniyah 43 Tahun Pelajaran 2011/2012 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia