Peningkatan minat dan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode numbered heads together di SMP Nusantara plus Ciputat

Main Author: NURAZIZAH
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi dan siswa SMP Nusantara Plus, salah satu hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS adalah mengenai metode pembelajaran yang digunakan tidak efektif. Untuk mengatasinya, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif metode NHT dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMP Nusantara Plus. Hipotesis tindakannya adalah peneliti menerapkan metode NHT pada pelajaran IPS materi Ekonomi, dengan begitu minat dan hasil belajar IPS Ekonomi siswa akan meningkat. Adapun indikator keberhasilannya adalah 75% nilai IPS Ekonomi siswa kelas VIII-1 mencapai KKM > 65. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa pretes dan postes, serta instrumen nontes berupa lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil Normal Gain, hasil belajar siswa di siklus II dan III mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil belajarnya di siklus I. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode NHT berhasil belajar IPS Ekonomi siswa SMP Nusantara Plus Ciputat-Tangerang Selatan. Rata-rata N-gain siklus I adalah 0,4, rata-rata N-gain siklus II adalah 0,5 dan siklus III adalah 0,6 dengan begitu, indikator keberhasilan dalam penelitian telah tercapai karena seluruh siswa kelas VIII-1 nilai IPS Ekonomi telah mencapai KKM yang telah ditentukan yakni 65. Berdasarkan hasil analisis angket, minat belajar siswa setelah belajar IPS Ekonomi dengan metode NHT adalah tinggi. Yakni rata-ratanya mencapai 32,72. Setelah belajar dengan metode NHT, siswa menjadi lebih aktif dan mudah berfikir kreatif serta meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS materi Ekonomi. Motivasi belajarnya pun meningkat, dan lebih menyenangkan.