Pengaruh model pembelajaran sains teknologi dan masyarakat pada konsep energi bernuansa nilai terhadap hasil belajar siswa

Main Author: RIANITA
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep energi yang bernuansa nilai. Penelitian ini dilakukan di SMP Islamiyah Sawangan, pada bulan Februari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan jumlah sampel 30 siswa yang belajar menggunakan model Sains Teknologi dan Masyarakat. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengukuran hasil belajar fisika siswa berdasarkan pada instrumen penelitian berupa tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan penskoran 0-1, yang selanjutnya diuji dengan statistik uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t thitung>ttabel, (6,41 >2,00), pada taraf signifikansi 95 %. Dengan demikian dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Sains Teknologi dan Masyarakat memberikan pengaruh yang positif bagi siswa dalam mempelajari konsep energi bernuansa nilai.