Pengaruh tingkat kepuasan mitra kerja LPDB-KUMKM (koperasi) terhadap dana bergulir LPDB-KUMKM
Main Author: | Muhammad Rizki Fithrianto |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Syariah dan Hukum
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Perkembangan koperasi saat ini tidak lepas dari peran pemerintah. Selain menjadi regulator, pemerintah juga memberikan bantuan suntikan dana segar baik melalui hibah maupun pinjaman. Dalam hal ini mulai tahun 2006 pemerintah melalui Kementrian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah membentuk Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM). LPDB-KUMKM ini adalah lembaga yang memberikan dana bergulir untuk membantu permodalan koperasi. Penyaluran dana ini berkonsep pinjaman dengan bunga yang lebih rendah dari bank, yaitu 6% untuk koperasi dan 9% untuk UKM. Pada Tahun 2013 LPDB menetapkan target penyaluran Rp.1,9 triliun dengan jumlah penerima 109.157 UMKM melalui 7.678 mitra koperasi dan non koperasi. Penetapan target ini tentu hrs diiringi dengan peningkatan pelayanan LPDB-KUMKM tehadap mitranya. Semakin besar harapan mitra terpenuhi maka semakin besar pula tingkat kepuasan mitra. Kepuasan ini juga akan membuat mitra menginformasikan hal yang positif tentang LPDB-KUMKM kepada mitra lain, sehingga dapat memperbanyak jumlah mitra LPDB-KUMKM. Skripsi ini meneliti bagaimana tingkat kepuasan mitra terhadap dana bergulir LPDBKUMKM karena semakin puas mitra maka semakin besar pula keinginan untuk meminjam kembali. Dalam penelitian skripsi ini variabel yang digunakan tiga variabel terikat dan satu variabel bebas, Persepsi Mitra (X1), Proses Kredit (X2) Pengalaman yang Mengecewakan (X3) dan Loyalitas (Y). Penulisan skripsi ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang diperoleh adalah data sekunder dari kuisoner LPDB-KUMKM lalu diolah menggunakan regresi linier berganda. Sebagai tambahan untuk memperkuat teori, penulis juga mengadakan studi kepustakaan. Melalui studi kepustakaan ini dilakukan dengan menelaah buku-buku, dokumendokumen, rujukan, artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mitra (koperasi) puas terhadap dana bergulir LPDB-KUMKM diliat dari semua responden berniat untuk meminjam kembali dana bergulir dan akan merekomendasikan kepada lembaga keuangan lainnya. Hal ini berarti apa yang telah diharapkan oleh mitra tentang dana bergulir LPDB-KUMKM telah terpenuhi. Dalam penelitian ini hubungan antara variabel vi terikat yaitu persepsi mitra, proses kredit dan pengalaman yang mengecewakan tidak berpengaruh terhadap loyalitas