Analisis strategi pemasaran pembiayaan sepeda motor PT. Federal internasional finance (F.I.F) Syariah di tinjau dari perspektif islam
Main Author: | SUSANTI, Siti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Syariah dan Hukum
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Kebutuhan akan mobilitas meningkat seiring dengan kebutuhan terhadap sarana transportasi yang ekonomis dan dapat diandalkan. Federal International Finance (FIF) Syariah sebagai perubahan pembiayaan sepeda motor. Hal pokok yang membedakan antaar bisnis Islami dengan non Islami adalah pada kriteria halal dan haram. Bisnis Islami berpegang teguh pada nilai-nilai kemanusiaan yang akhirnya menjadi sebuah kekuatan yang membedakan dengan prilaku bisnis non Islami yang terjadi saat ini, karena baginya tujuan materi lebih penting dibanding nilai-nilai kemanusiaan, untuk itu perlu adanya strategi pemasaran, untuk mengetahui konsep mekanisme dan strategi apa yang diterapkan di PT. FIF Syariah serta strategi apa yang dilakukan PT. FIF Syariah dalam merebut persaingan pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan lebih pasti konsep, bauran pemasaran, strategi dan mekanisme pemasaran PT. FIF Syariah. Serta untuk mengetahui dengan lebih pasti strategi pemasaran yang paling sesuai dengan keadaan perusahaan untuk dapat tumbuh dan berkembang dalam persaingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yakni penelitian yang menghasilkan deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari fenomena yang ditulis dengan melakukan wawancara dan observasi di PT. FIF Syariah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikeluarkan oleh PT. FIF Syariah yaitu masih satu group dengan PT. Astra Honda Motor (AHM). Dan merupakan lembaga pembiayaan resmi sepeda motor Honda. Promosinya yaitu dengan ATL dan BTL. Distribusi dari sabang sampai merauke. Harga yaitu dengan harga pantas dan terjangkau untuk semua kalangan serta kompetitif. Untuk STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) membuka semua segmen. Strategi yang dilakukan PT. FIF Syariah dalam merebut persaingan pasar yaitu dengan service, Inovasi Menciptakan Program dan Teknologi dalam tingkat kemacetan sangat rendah.