Gambaran efektivitas event marketing di RSIA Kemang Medical Care tahun 2014

Main Author: Nurbayti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia pemasaran yang saat ini semakin pesat telah menciptakan strategi-strategi baru dan semakin banyak pemasar bergerak menuju penciptaan experience bagi pelanggan, salah satunya melalui event marketing. Rumah sakit perlu melakukan evaluasi event marketing dengan melihat keefektifannya. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua partisipan event marketing talk show dan poster contest sebanyak 74 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah partisipan event marketing talk show sebanyak 31 orang dan poster contest sebanyak 31 orang. Faktor-faktor yang diteliti adalah emotional experience, escapist and relaxing experience, social and nostalgic experience, unaware of brand, recognition of brand, recall brand, top of mind, experience, brand awareness, dan brand positioning. Hasil yang diperoleh adalah event marketing talk show dan poster contest efektif berdasarkan emotional experience, escapist and relaxing experience, social and nostalgic experience, recognition of brand, recall brand, top of mind, experience, brand awareness, dan brand positioning. Dan, event marketing talk show efektif berdasarkan unaware of brand sedangkan event marketing poster contest tidak efektif berdasarkan unaware of brand. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi RSIA Kemang Medical untuk perbaikan event marketing selanjutnya. Untuk itu, RSIA Kemang Medical Care sebaiknya menciptakan experience yang baik sebagai konsep event marketing, melakukan perhitungan cost effective atau cost benefit, melakukan promosi rumah sakit saat event marketing, menciptakan interaksi dan keaktifan antar peserta, menggunakan media pemasaran lainnya, melakukan event marketing talk show dan poster contest setiap tahun, mempertahankan tema utama event marketing, melibatkan konsumen menjadi sasaran partisipan, mendapatkan informasi lebih dalam mengenai laktasi dan psikologi anak yang dibutuhkan masyarakat, melihat brand awareness konsumen terhadap jasa pelayanan yang ada dalam benak mereka, melihat bagaimana experience dapat berdampak pada perilaku konsumen, melaksanakan event marketing live event, memiliki cara khusus dalam evaluasi event marketing, menyediakan sumber daya untuk melakukan evaluasi event marketing, memantau pengaruh pelaksanaan event marketing terhadap nilai BOR, ALOS, TOI, dan BTO, membuat segmentasi sasaran partisipan event marketing