Pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan Representasi matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Muhammadiyah 17 Ciputat

Main Author: Mulyoko
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran CMP terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 17 Ciputat Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design, yang melibatkan 72 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan representasi matematis berbentuk uraian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran CMP lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model CMP adalah sebesar 68,56 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan strategi konvensional adalah sebesar 61,25 (thitung = 2,35 dan ttabel = 1,67). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model CMP berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.