Pengaruh strategi konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa (penelitian quasi eksperimen di SMP Negeri 13 Tangerang)
Main Author: | Fellani Cahya Utami |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 13 Tangerang semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan melibatkan 78 siswa kelas VII sebagai sampel. Penentuan sampel dilakukan secara acak kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan menggunakan instrumen berbentuk tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan strategi konflik kognitif lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir kritis matematis yang diperoleh siswa ini terlihat dari kemampuan memberikan alasan, menyimpulkan, dan menyelidiki secara signifikan lebih tinggi pada siswa yang diajar dengan strategi konflik kognitif dibandingkan dengan siswa diajar dengan pembelajaran konvensional. Secara umum kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar dengan strategi konflik kognitif lebih baik daripada siswa yang belajar secara konvensional.