Pengaruh pembelajaran kooperatif strategi think-talk-write menggunakan masalah kontekstual terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tangerang Selatan

Main Author: Erdy Poernomo
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pembelajaran kooperatif strategi Think-Talk-Write terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Subjects Post-test Only Control Group Design, yang melibatkan 63 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen tes kemampuan representasi matematis siswa yang digunakan sebanyak 9 soal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang diajar dengan strategi Think-Talk-Write adalah sebesar 77,25 dan yang diajar dengan strategi konvensional adalah sebesar 45,11. Dari hasil perhitungan diperoleh zhitung sebesar -5,623. Karena zhitung < ztabel (-5,623 < -1,65) maka H0 ditolak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Pembelajaran kooperatif strategi Think-Talk-Write berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa dibandingkan dengan yang menggunakan strategi konvensional dalam menyelesaikan masalah kontekstual.