Pengaruh model pembelajaran terpadu tipe connected terhadap kemampuan koneksi matematik siswa (quasi eksperimen di SMP Paramarta Unggulan Ciputat)
Main Author: | Nurul Fazriyah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kemampuan koneksi matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected; (2) kemampuan koneksi matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan (3) membandingkan kemampuan koneksi matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih dua kelas yaitu kelas VII-U1 dan VII-U4 di SMP Paramarta Unggulan Ciputat Tangerang Selatan. Data pada penelitian berupa tes kemampuan koneksi matematik yang terdiri dari 6 butir soal. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan koneksi matematik kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 32,13 dan 26,46. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 5% atau (? = 0,05) diperoleh thitung = 2,29 dan ttabel = 2,01. Hal ini berarti thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan koneksi matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran terpadu tipe connected berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematik siswa