Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa: Studi penelitian eksperimen di SMP Islam al-Fath
| Main Author: | Siti Mariam |
|---|---|
| Format: | Bachelors |
| Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
| Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian two group randomized subject posttest only. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Fath Cirendeu tahun ajaran 2010/2011. Instrumen yang digunakan berupa tes essay yang sesuai dengan indikator komunikasi matematik pada materi bangun datar segitiga dan segiempat yang terdiri dari 11 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) adalah sebesar 73,15, sedangkan rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 64,4. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh thitung = 2,33dan ttabel sebesar 2,03 dengan taraf signifikansi (?) = 0,05 dan derajat kebebasan 39. Karena thitung > ttabel, maka rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa.
