Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) terhadap pemahaman konsep himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 187 Jakarta
Main Author: | ROHMAN, Syaiful |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT), menjelaskan pemahaman konsep himpunan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT), mengetahui aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT), dan mengetahui perubahan yang terjadi pada siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 187 Jakarta pada siswa kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012, kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep himpunan, lembar observasi dan angket terbuka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa siswa SMP Negeri 187 Jakarta kelas eksperimen memiliki pemahaman konsep himpunan lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini berdasarkan, tahapan-tahapan pada model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) membuat pemahaman konsep himpunan siswa menjadi kuat karena adanya pengulangan-pengulangan pada pemahaman materi. Tournament yang dilaksanakan sebanyak tiga kali pun dapat memacu siswa untuk lebih memahami materi himpunan.