Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar fisika siswa (kuasi eksperimen di SMP Negeri 17 Tangerang Selatan)
Main Author: | HAYANTI, Susi Dwi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan pada bulan April 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 34 orang dengan menggunakan teknik cluster Sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif bentuk pilihan ganda. Tes ini terdiri dari empat pilihan (opsi) dan hasilnya diuji melalui satatistik uji �t�. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 2,75 sedangkan ttabel sebesar 1,99 pada taraf signifikansi 0,05 atau dapat diketahui thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar fisika siswa diterima atau disetujui. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis proyek membawa pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika pada konsep cahaya pada kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan. Berdasarkan hasil penelitian ini di simpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa