Analisis Keterampilan Proses Inquiry Siswa pada Pembelajaran Hands-on dengan Teknik Open Exploration Activity
Main Author: | Umi Hamidayati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan proses inquiry siswa pada pembelajaran hands-on dengan menggunakan teknik open exploration activity pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMA 2 Mei Kota Tangerang Selatan pada kelas X. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang diarahkan untuk memperoleh informasi mengenai keterampilan proses inquiry siswa yang muncul dan sejauh mana keterampilan proses inquiry siswa dapat berkembang melalui pembelajaran hands-on dengan teknik open exploration activity. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA 2 Mei Kota Tangerang Selatan kelas X-2 yang berjumlah 25 orang yang dibagi ke dalam lima kelompok. Setiap kelompok terdiri dari siswa laki-laki dan perempuan dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedelapan aspek keterampilan proses inquiry yang diamati melalui pembelajaran hands-on dengan tesknik open exploration activity muncul dengan persentase bervariasi dengan kategori sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Hasil penelitian menunjukkan ketujuh aspek keterampilan proses inquiry siswa muncul pada proses pembelajaran hands-on dengan teknik open exploration activity dengan persentase yang beragam. Aspek observasi 72,50% (baik), pertanyaan 92,50% (Sangat baik), hipotesis 60% (cukup), prediksi 75% (baik), investigasi 72% (baik), intepretasi 66,67% (baik), komunikasi 70% (baik). Sebagian besar siswa menyukai pembelajaran dengan teknik open exploration activity karena banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran